6 Kelebihan Pemilihan Domain TLD untuk Website Baru

Dewasa ini sudah banyak sekali orang yang lebih memilih untuk memakai domain jenis TLD dibandingkan dengan domain lainnya. sebenarnya apa sih alasan yang menjadikan banyak orang tersebut dan para pemilik blog lainnya memilih domain TLD yang berbayar daripada menggunakan beberapa subdomain pada Blogspot maupun WordPress.

Pada dasarnya subdomain di atas cukup membantu Anda dikenal oleh orang yang berada di belahan dunia. Hampir sama ketika Anda ingin membuat perusahaan, pemilihan nama domain yang terbaik dan mudah untuk diingat banyak orang adalah yang paling mutlak dilakukan oleh pemilik website. Tujuannya adalah agar perusahaan Anda lebih mudah dikenal dan juga diingat banyak orang.

Sebenarnya tidak adalah salahnya jika Anda menggunakan domain selain TLD maupun subdomain TLD, namun pemakaian domain tersebut dirasa lebih sulit. Kali ini coba bandingkan dua domain ini belajarmenulis.wordpress.com dengan belajarmenulis.com, domain mana yang dirasa lebih mudah diucapkan dan diingat? Tentunya domain TLD bukan? Nah, berikut adalah beberapa kelebihan dari domain TLD:

  1. Lebih Leluasa Ketika Memilih Nama Sebuah Domain yang Sesuai dengan Perusahaan

Mungkin selama ini Anda pernah sesekali mencoba daftar domain pada wordpress maupun blogspot, dan kebetulan pada saat yang sama nama tersebut telah digunakan oleh orang lain. Apa yang Anda rasakan kala itu? Pastinya rasa jengkel akan muncul begitu saja.

Namun lain halnya jika Anda memilih sebuah domain TLD, masalah di atas akan jarang Anda temukan. Sebab domain TLD memiliki cakupan yang lebih luas. Beberapa akhiran domain yang disediakan diantaranya adalah .com, .net, .gov, .edu dan beberapa akhiran lainnya.

Dari sini, Anda bisa lebih leluasa ketika memilih sebuah nama yang mana paling sesuai dengan isi website Anda. Contoh kecilnya begini, Anda memiliki niat untuk membuat sebuah website organisasi maka akhiran domain TLD yang wajib dipilih adalah TLD .org. sedangkan ketika Anda ingin membuat sebuah website yang berisi informasi, maka pilih akhiran TLD .info.

Bagaimana sudah bisa menemukan perbedaan domain TLD dengan sub domain bukan? Ya dengan domain TLD Anda bisa memilih akhiran yang sesuai dengan isi website sedangkan subdomain hanya menyediakan akhiran .com saja.

  1. Cakupan Luas

Selain domain TLD ternyata juga masih ada beberapa domain lain seperti Country Code Top Level Domain atau ccTLD dengan akhiran .co.id, .net.id, .or.id dan beberapa akhiran lainnya. Domain ccTLD ini berasal dari beberapa negara tertentu. Di sini ada dapat dilihat cakupan domain TLD jauh lebih luas jika dibandingkan dengan domain jenis ccTLD.

  1. Lebih Mudah Diingat

Kini Anda akan dibawa untuk membandingkan kemudahan diantara domain TLD dengan domain lainnya. Ambil dua kata rasaku.com dan rasaku.co.vu, domain mana yang lebih mudah untuk diingat? Pasti rasaku.com bukan? Nah, inilah salah satu kelebihan dari domain TLD yaitu mudah dikenal dan diingat.

  1. Menampilkan Kesan yang Lebih Profesional

Professional itu penting untuk mendapatkan trust dari pengunjung. Namun bagaimana mau profesional, jika nama domainnya saja terlihat jelek, tidak menjual dan murahan. Coba agan sista tengok website-website besar yang sangat professional seperti Google, Facebook, Twitter, Wikipedia dan lain sebagainya, apakah mereka menggunakan domain gratisan atau memakai subdomain dari WordPress dan Blogspot?

  1. Domain Dapat Diperjualbelikan Kembali

Hal lain yang menjadi nilai tambah bagi Anda ketika memakai domain jenis TLD adalah bisa dijual kembali. Jika nama dari domain bagus dan mudah diingat orang maka Anda bisa jual kembali dengan harga yang jauh lebih tinggi dari harga beli pertama. Bukti yang bisa Anda peroleh adalah dengan menjual nama tersebut pada marketplace domain atau tempat jual beli domain.

Banyak orang telah membuktikan penjualan nama domain bekas tersebut memang dibanderol dengan harga yang relatif lebih tinggi jika dibandingkan dengan harga belinya. Secara tidak langsung ada banyak pihak yang mendapatkan keuntungan secara finansial ketika membeli domain TLD.

Tahukah Anda, domain bekas yang dijual pada marketplace domain bukan hanya menarik perhatikan orang Indonesia saja. Namun tak jarang domain akan diserbu oleh bule luar negeri yang berniat untuk membeli dengan harga mahal. Anda tidak akan mendapatkan kelebihan terakhir ini ketika memilih subdomain dan selain domain TLD.

Di atas adalah beberapa keuntungan atau kelebihan yang bisa Anda dapatkan ketika memakai domain jenis TLD. Jika saat ini Anda memang telah miliki modal yang mencukupi tidak adalah salahnya pakai domain TLD dari awal pembuatan website. Tujuan pemilihan domain TLD bukan lain adalah agar Anda tidak lagi melakukan rebranding ulang.

Rebrandingini sering kali terjadi ketika Anda mengubah tujuan pembuatan website Anda dari subdomain atau domain gratis ke domain yang berbayar seperti TLD. Daripada kerja dua kali, mending modal di awal lebih banyak tetapi keuntungan yang akan didapatkan jauh lebih besar. Selamat mencoba, semoga bermanfaat!