Tips Jitu Membeli Domain Bekas yang Berkualitas

Bukan sekadar motor maupun mobil saja yang dapat dijual belikan meskipun sudah bekas. Ternyata domain yang sudah bekas atau secondjuga bisa Anda jual belikan dengan beragam harga. Domain bekas bisa jadi malah lebih mahal dibandingkan dengan membeli nama domain baru loh.

Biasa domain bekas dengan harga murah dapat Anda dapatkan pada orang yang saat tersebut benar-benar sedang butuh dana dadakan atau saja memang domain-nya memiliki kualitas buruk. Sedangkan untuk domain dengan harga yang mahal ini pada umumnya memang memiliki kualitas yang dapat diadu atau terjamin.

Kualitas di sini adalah domain bekas mudah sekali diingat oleh orang dan pengunjung internet lainnya, sudah dikenal banyak orang, memiliki backlink terbaik, punya PR, DA dan juga AR, serta umur domain yang sudah lebih dari satu tahun. Domain bekas seperti inilah yang sering dicari para blogger.

Dari segi keuntungan orang yang berjualan domain bekas berharga mahal memang bisa masuk akal. Di sisi lain tak jarang juga banyak penjual yang menawarkan domain bekas mahal dengan kualitas yang abal-abal. Bayangkan jika Anda mendapatkan domain semacam ini, bukan untung yang didapat tetapi justru kerugian adanya. Untuk mengantisipasinya Anda bisa memperhatikan beberapa tips beli domain bekas berkualitas di bawah ini:

  1. Perhatikan Nama Domain

Nama domain tentunya selalu menjadi hal yang paling diperhatikan. Cari tahu terlebih dahulu apakah nama yang diusung mudah untuk diingat para pengunjung internet atau nama yang sudah mirip dengan beberapa perusahan besar. Jika memang nama domain yang akan dibeli sudah diingat cukup banyak orang, maka pikir ulang lagi untuk membeli domain bekas tadi.

Di sisi lain, jika domain yang akan dibeli ternyata sangat mirip namanya dengan perusahaan besar, misalkan saja Samsung, Microsoft, Sony, Canon dan beberapa perusahaan lainnya. Sudah jangan pikir panjang, langsung saja Anda tinggalkan dari pada nantinya Anda sendiri yang akan berselisih memperkarakan masalah ini di meja hijau atau pengadilan dengan beberapa perusahaan yang sudah besar tersebut.

  1. Backlink

Hal kedua yang mana tidak kalah penting untuk Anda perhatikan yaitu backlink yang ada pada domain tersebut. Cara satu ini cukup menguntungkan bagi Anda yang ingin optimalisasi website melalui SEO. Kali ini Anda perlu mengecek backlink yang ada memakai bantuan Backlink Checker seperti majestic atau pun ahrefs.

  1. Perhatikan Fitur Lain (PR, DA, dan Beberapa Fitur Lainnya)

Meskipun saat ini PR memang sudah tidak lagi di-update, namun keberadaannya masih dapat memberikan nilai yang lebih. Apabila Anda tergolong orang yang suka bermain pada Paid Review mungkin sudah tau bagaimana fungsi utama dari fitur PR ini. Namun jika Anda tidak memainkan Paid Review maka abaikan saja fitur PR, hanya saja tetap menengok pada fitur lain seperti Domain Authority atau Ranking Alexanya.

Domain dengan fitur DA cukup tinggi serta fitur Alexa Rank yang ramping pasti akan mempunyai harga jual tinggi apabila Anda bandingkan pada jenis domain bekas dengan fitur DA cukup rendah maupun tingkat alexa rank padat.

  1. Umur Domain

Umur sebuah domain tentunya juga tidak kalah penting untuk Anda perhatikan. Menurut beberapa master atau pakar SEO, umur domain semakin tua justru semakin bersahabat dengan mesin pencari Google atau search engine jika Anda bandingkan dengan domain yang umurnya masih mudah atau seumur jagung.

Sebelum memutuskan untuk membelinya, pastikan dulu jika Anda sudah mengecek umur dari domain tersebut. Cek juga kapan domain terakhir di-registrasi dan kapan umur berakhirnya atau expired. Kali ini Anda bisa memanfaatkan alat bantu berupa situs whois agar bisa mengecek umur dari domain yang akan dibeli.

  1. Ekstensi atau Akhiran Dari Domain

Meskipun terlihat sebagai masalah yang cukup sepele, ternyata akhiran domain atau ekstensi wajib untuk Anda pertimbangan. Misalnya saja penggunaan akhiran domain dot com, akhiran ini sering digunakan oleh para blogger yang besar sehingga, tidak ada salahnya Anda memilihnya untuk dimiliki. Selain dot com Anda juga bisa mempertimbangkan akhiran dot net.

  1. Nama Domain

Nama dari domain adalah hal yang paling vital ketika hendak membeli domain bekas. Nama domain terkadang bisa mencapai 67 karakter dan bisa juga singkat. Agar domain mudah diingat dan bisa branding, maka tidak ada salahnya Anda memilih nama yang singkat namun tetap menggambarkan identitas diri.

  1. Cek Riwayat Pejalan Domain

Tips terakhir yang harus Anda perhatikan ketika membeli domain bekas adalah riwayat dari domain itu sendiri. Karena domain bekas pasti sudah dipakai, maka pastikan jika riwayat yang ada belum dihapus. Hindari domain yang seperti ini, sebab bisa jadi dulu domain pernah di banned oleh Google AdSense.

Demikian adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika ingin membeli sebuah domain bekas di berbagai macam situs. Di sini Anda akan terbantu untuk memperoleh domain bekas dengan penawaran harga yang murah namun tetap berkualitas.