Perhatikan Kriteria Web Hosting Berkualitas Ini Sebelum Membelinya

Anda sudah beli domain? Jika sudah, maka hal lain yang Anda butuhkan adalah hosting. Lalu bagaimana ya cara memutuskan bahwa hosting yang dipilih itu sudah tepat dan terbaik? Apakah sebuah hosting terbaik itu bergantung pada bandwidth dan beberapa fitur penyimpanan disk-nya? Akhir-akhir ini memang banyak sekali orang yang menggunakan dua hal tersebut sebagai patokan memilih sebuah hosting.

Namun sebenarnya pendapat di atas tidak sepenuhnya benar. Hosting yang terbaik tentunya memiliki beberapa kriteria tertentu sehingga, hosting yang dipilih benar-benar akan membuat website Anda lancar dan juga stabil. Berikut adalah beberapa kriteria sebuah hosting terbaik yang bisa Anda pelajari sebelum memutuskan untuk membelinya:

  1. Reliabilitas

Kriteria pertama dari hosting yang terbaik dapat Anda perhatikan dari segi daya operasinya. Website Anda memerlukan web hosting yang mampu beroperasi pada koneksi jaringan yang cukup stabil dan juga server kuat. Nilai angka uptime yang disarankan untuk hosting Anda sebesar 99,5%. Dan web hosting yang berada di bawah angka 99% tidak bisa diterima.

Lalu bagaimana sih cara untuk mengetahuinya? Cara paling mudah adalah dengan membaca secara lengkap deskripsi dari hosting pada beberapa pemberitaan atau media sosial. Selain itu Anda juga bisa melacaknya menggunakan monitor server. Monitor server adalah alat telusur yang sering digunakan baik itu secara online berbayar maupun gratis.

  1. Hosting Sudah Satu Lokasi dengan Target Pemasaran Anda

Pemilihan web hosting SEO tentunya bertujuan untuk pemasaran atau penjualan produk bukan? Maka, pilihlah hosting yang mana lokasi server-nya tidak jauh berbeda dengan lokasi target pemasaran Anda.

Jika produk yang akan dijual adalah produk dari Indonesia, pilihlah web hosting yang server-nya berada di negara Indonesia, dan negara di sekitarnya seperti Singapura, Malaysia, Hong Kong maupun Jepang. Beberapa negara tersebut direkomendasikan karena keempat negara tersebut memberikan pelayanan hosting yang cukup kencang.

  1. Respond yang Kencang

Sering loh ditemukan hosting yang lambat walaupun lokasi server-nya satu lokasi dengan Anda. Web hosting yang lambat ini terjadi karena script maupun konten yang belum terbeli sebelumnya. Lalu bagaimana sih caranya mencari masalah pada beberapa hosting? Mudah saja Anda bisa ke beberapa lama diskusi tentang hosting.

Selain itu Anda menentukan web itu buruk atau tidak dengan browsing pada Google menggunakan kata kunci atau keyword domain dari penyedia web hosting. Hosting yang lambat tentunya akan membuat para pengunjung malas untuk tetap tinggal dan cenderung mencari website lainnya.

  1. Dari Provider yang Terpercaya

Kriteria web hosting terbaik selanjutnya adalah berasal dari provider hosting yang terpercaya. Saat ini banyak sekali bermunculan provider web hosting yang mendapatkan komplain dari pelanggan terkait dengan masalah web hosting pada pihak salah.

Oleh sebab itu, untuk mengatasi masalah tersebut pakailah asa provider web hosting yang benar-benar akan memberikan pelayanan terbaik dan profesional. Cara paling mudah adalah sebelum memutuskan beli hosting lakukan beberapa tes dengan mengirim support tiket. Selanjutnya perhatikan seberapa lama provider memberikan jawaban atas tiket yang telah Anda tanyakan. Semakin cepat maka semakin baik

  1. Telah Direkomendasi

Agar bisa mendapatkan web hosting yang terbaik maka sangat disarankan atau direkomendasikan untuk membeli dan mengelola web server sendiri. Belilah hosting pada beberapa penyedia, sebagai awalan untuk mengelola Anda tidak memerlukan cPanel namun hanya dengan Webmin, Nginx dan Webuzo saja semua bisa diatasi.

Karena masih pemula mungkin Anda akan merasa cukup kebingungan mengelolanya. Beberapa panduan tentunya bisa dengan mudah di dapatkan melalui video di YouTube, atau melalui diskusi web hosting dan blogger.

  1. Fitur Lengkap

Kriteria terbaik dari web hosting SEO selanjutnya adalah memiliki fitur lengkap. Kaitannya dengan hal ini jika ada penawaran paket web hosting lengkap dengan domain dan tanpa domain, maka pilihlah paket yang gratis domain sebab selain lebih hemat, pembelian ini juga dirasa cukup praktis.

Kali ini Anda diharuskan untuk mencari berbagai informasi dan membaca secara teliti tentang fitur yang nantinya akan diberikan oleh provider. Sebab tidak semua penyedia hosting mempunyai fitur sama. terkait dengan berbagai macam fitur yang berikan, Anda bisa membaca review beberapa penyedia hosting di Indonesia.

  1. User Friendly

Hosting yang berkualitas adalah hosting yang sangat mudah untuk digunakan dan juga tidak merepotkan para pengguna, meskipun baru pertama kali menggunakannya. Kemudahan tersebut busa dimulai dari cara pemesanan, cara penggunaan, panduan penggunaan dan juga petunjuk ketika terjadi berbagai macam masalah. Hosting yang bagus pada umumnya memiliki dokumentasi semuanya secara lengkap.

Nah di atas adalah beberapa kriteria web hosting yang berkualitas untuk mendukung kinerja web bisnis maupun SEO Anda. Beberapa hal tersebut akan membantu Anda menemukan hosting yang paling baik dan juga berkualitas, sehingga beberapa kemungkinan risiko yang tidak diinginkan bisa diminimalisir.