6 Tips Memilih Nama Domain untuk Website yang Tepat dan Branding

Bagi siapa pun yang baru pertama kali membeli sebuah domain, pasti akan sedikit merasa bingung untuk menemukan nama domain yang paling tepat dan bisa menjual. Sama halnya memilih nama untuk buah hati atau perusahaan, memilih domain juga gampang-gampang susah. Anda akan membutuhkan cukup banyak waktu dan juga pikiran dalam memilih nama tersebut.

Domain yang Anda miliki nantinya akan menjadi sebuah identitas di internet. Oleh sebab itu Anda tidak ingin bukan jika nama yang diusung kurang tepat? Kaitannya dalam hal ini, nama yang dipilih harus sesuai dengan bisnis yang sedang dijalankan, sehingga Anda akan mudah ditemukan maupun dipromosikan. Beberapa tips di bawah ini akan membantu menemukan nama domain yang tepat bagi website Anda:

  1. Gunakan Nama yang Bisa Branding

Hampir sama dengan apa yang telah disebutkan sebelumnya, nama domain akan menjadi sebuah identitas bagi Anda di internet maupun dunia online. Dengan demikian, sebisa mungkin Anda harus menemukan sebuah nama kreatif yang mana nantinya bisa membantu branding perusahaan dengan mudah.

Pilihlah sebuah nama yang bisa masuk ke dalam pikiran dan hati banyak orang sehingga nantinya domain tersebut akan mudah dikenal dan mudah diingat. Sebuah nama yang mudah dikenal akan mudah disebarkan oleh para konsumen dan juga pengunjung website. Lalu bagaimana sih nama yang brandable? Berikut adalah beberapa cara yang akan membantu Anda menemukannya:

  • Buatlah Kata yang Baru
    Langkah pertama, buatlah kata baru yang tergolong catchy sehingga bisa menarik banyak perhatian. Langkah ini juga digunakan oleh dua perusahaan besar dalam dunia internet yaitu perusahaan Google dan perusahaan Yahoo.
  • Pakai Kata-kata Menarik yang Pernah Ada
    Kedua, Anda bisa memakai jenis nama yang menarik dan pernah ada namun jarang digunakan oleh banyak orang. Selain itu sesuaikan juga domain dengan bisnis yang saat ini sedang Anda jalankan.
  • Manfaatkan Generator dari Nama Domain
    Jika dua cara di atas masih membuat Anda bingung, maka gunakan alat bantu berupa generator domain. Alat ini dapat membantu menemukan nama domain yang sesuai dengan perusahaan. Caranya juga mudah sekali, yaitu cukup dengan memasukkan nama yang kira-kira cocok dan Anda tinggal memilihnya.
  1. Buat Domain yang Mudah Diketik Oleh Pengunjung

Menemukan nama yang unik dan mudah diingat mungkin akan dirasa kurang. Oleh sebab itu dukung domain dengan nama yang mudah untuk diketik para pengunjung internet. Hal ini akan cukup membantu Anda sukses dalam dunia online. Apabila menggunakan jenis ejaan yang gaul atau kata yang punya ejaan pasti akan sangat sulit untuk dikenali orang.

  1. Jangan Gunakan Nama Terlalu Panjang

Sebuah usaha dengan nama yang panjang akan membuat banyak konsumen cukup kesulitan untuk mengingat nama tersebut. Hal tersebut sama dengan domain, oleh sebab itu gunakan nama domain yang pendek saja namun tetap unik dan bisa menggambarkan usaha yang sedang dijalankan.

Selain itu nama panjang juga akan menyulitkan para pengunjung untuk mengejanya. Jadi dengan pemilihan nama domain pendek kemungkinan risiko salah eja bisa diminimalisir. Jangan pernah memilih nama domain lebih dari 17 huruf atau karakter.

  1. Pakai Keyword yang Masih Berhubungan Dengan Website

Tidak jarang orang memilih nama domain untuk website bisnis. Jika Anda termasuk salah satunya maka masukan keyword yang memiliki hubungan dengan bisnis maupun jasa Anda. Contoh kecilnya begini Anda saat ini memiliki bisnis jasa travel, maka masukkan kata travel pada domain yang dipilih. Hal ini akan membantu SEO website Anda muncul pada halaman pertama pada pencarian google.

  1. Pikirkan untuk Jangka yang Panjang

Meskipun sebelumnya Anda sangat disarankan untuk memasukan keyword bisnis pada domain, bukan berarti bisa menggunakan nama yang terlalu niche ya. Yang dimaksud disini adalah pikirkan untuk jangka kedepannya. Apakah ada rencana untuk mengekspansi bisnis di bidang yang lain.

Kali ini mungkin Anda sedang berjalan dalam bisnis SEO, dan memasukan keyword tersebut pada domain. Tapi siapa tau di waktu yang akan datang Anda memiliki rencana untuk terjun dalam bidang development program, jasa email marketing dan jasa lainnya. Pengubahan nama ini nantinya akan membuat branding SEO Anda selama ini sia-sia saja. Oleh sebab itu sebelum memutuskan pikirkan dahulu secara matang.

  1. Targetkan Area

Apabila sebuah bisnis yang sedang dijalankan adalah sebuah bisnis loncat, Anda bisa mempertimbangkan kembali untuk menambahkan nama kota pada domain. Tujuannya adalah agar para konsumen lokal dapat dengan menemukan identitas Anda.

Nah di atas adalah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan nama domain yang branding dan tepat. Pada dasarnya domain sangat mudah terjual dan diambil oleh orang lain. Oleh sebab itu Anda harus bergerak lebih cepat untuk memilih nama domain terbaik dan jangan sampai nama tersebut dipilih orang lain duluan.