Cara Ampuh Menulis Artikel SEO Friendly yang Wajib Diketahui!

Cukup banyak blogger yang sudah mengetahui cara menulis artikel yang lancar serta teratur, namun beberapa dari mereka belum mengetahui cara menulis artikel yang SEO friendly. Artikel SEO friendly tentu dibutuhkan karena dengan menggunakan artikel ini, maka traffic blog akan cenderung naik secara lebih signifikan.

Tentu, untuk menulis artikel yang SEO friendly, ada beberapa tips yang harus dilakukan. Berikut akan dibahas beberapa cara yang tepat untuk membuat artikel SEO friendly yang cukup mudah dan wajib diketahui. Selamat membaca.

Menulis Artikel SEO Friendly

SEO atau Search Engine Optimization adalah upaya yang dilakukan untuk mendapatkan traffic pencarian yang lebih tinggi menggunakan keyword tertentu. Jadi, dengan SEO, seorang blogger bisa mendapatkan visitor yang lebih banyak berbekal keyword populer yang dicari oleh searcher. Nah, adapun beberapa langkah yang tepat untuk menulis artikel yang SEO friendly adalah sebagai berikut:

  1. Pelajari Karakter Calon Pembaca

Menentukan siapa calon pembaca artikel merupakan hal yang cukup penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Hal ini sangat berpengaruh karena karakter dari calon pembaca akan mempengaruhi ketertarikan mereka pada artikel yang hendak Anda tulis.

Dalam hal ini, ketika Anda hendak menulis artikel yang berhubungan dengan remaja, maka gunakanlah bahasa yang santai dan up to date. Namun, jika pembaca yang Anda tuju merupakan kalangan akademisi dengan intelektual yang tinggi, maka penggunaan bahasa yang formal dan terperinci merupakan pilihan yang lebih baik.

  1. Gunakan Judul yang Menarik

Judul adalah kekuatan dari artikel. Cukup banyak pembaca yang tertarik untuk membaca artikel yang memiliki judul yang unik dan berbeda. Oleh karena itu, ada baiknya Anda belajar membuat judul yang terkesan bisa memancing pembaca untuk membaca artikel yang Anda buat.

Namun tentu saja, upaya untuk membuat judul yang menarik tidak boleh berlebihan. Dalam hal ini, cukup sering para blogger membuat judul yang terlalu bombastis yang dianggap bisa menarik minat pembaca padahal kenyataannya tidak.

  1. Lakukan Riset Keyword

Tips selanjutnya untuk menulis artikel yang SEO friendly adalah melakukan riset keyword. Keyword merupakan hal yang sangat penting untuk mendapatkan pengunjung dengan jumlah lebih banyak di Google.

Oleh karena itu, sebelum Anda menulis artikel, maka carilah waktu untuk melakukan riset keyword serta mencari variasi dari keyword. Biasanya, keyword yang lebih panjang akan lebih menarik dana akan memberikan informasi yang lebih terperinci, di mana akan lebih disukai oleh pembaca.

  1. Mainkan Keyword dalam Artikel

Ketika sudah mendapatkan keyword sesuai yang Anda inginkan, maka langkah selanjutnya adalah memainkan keyword di dalam artikel yang Anda buat. Apa maksud dari poin ini? Maksudnya adalah keyword yang sudah Anda dapatkan harus dipasang di beberapa tempat yang pas di dalam artikel.

Anda bisa menyebutkan keyword tersebut beberapa kali atau sekitar 1% dari panjang artikel. Langkah ini akan meningkatkan keterlihatan artikel di dalam search engine.

  1. Tulis Artikel yang Panjang dan Mendalam

Untuk menarik simpati dari pembaca, kualitas artikel harus senantiasa diperhatikan. Dalam hal ini, Anda harus mampu untuk membuat artikel yang memberikan manfaat bagi para pembaca. Rumus untuk membuat artikel yang baik adalah panjang dan mendalam.

Artikel yang panjang dan mendalam akan membahas bahasan secara lebih detail dan terperinci. Tentu, artikel dengan pembahasan lengkap-lah yang dibutuhkan pembaca. Artikel dengan detail yang panjang dan mendalam juga akan meningkatkan user experience pembaca, dimana pembaca bisa berlama-lama berada di website atau blog Anda.

  1. Menggunakan LSI

LSI atau Latent Semantic Index merupakan salah satu elemen yang cukup penting dalam penulisan artikel yang SEO friendly. Dalam hal ini, LSI bisa dimanfaatkan untuk variasi keyword agar tulisan tidak terkesan hambar namun memiliki power di search engine.

Singkatnya, LSI adalah kata yang berhubungan dan relevan dengan keyword utama. Untuk mencari contoh LSI, Anda bisa membuka Google dan mengetikkan keyword pada search tab. Nah, di bagian bawah hasil pencarian, Anda akan menemukan pencarian terkait dan itulah yang disebut dengan LSI.

  1. Optimalkan Gambar

Untuk meningkatkan user experience, ada baiknya Anda mengoptimalkan penggunaan gambar di dalam penulisan artikel. Gambar akan membuat artikel menjadi lebih menarik dan pembaca akan lebih betah untuk berkunjung ke website atau blog yang Anda kelola.

Dalam hal ini, sebagai saran, gunakanlah gambar dengan resolusi yang cukup besar dan tajam. Selain itu, gunakanlah gambar yang unik dan tidak memiliki copyright. Hal ini cukup penting untuk menghindari terjadinya masalah terkait hak cipta.

Nah, beberapa poin di atas adalah sekelumit tips yang bisa Anda gunakan untuk membuat artikel yang SEO friendly. Tentu, masih ada cukup banyak tips lain berkaitan dengan pembuatan artikel tersebut. Ada baiknya Anda mencoba mencari contoh artikel SEO dan mempelajarinya. Selamat mencoba!