Ragam Teknik SEO Khusus untuk Blog Baru

Salah satu pertanyaan yang menarik dan seringkali muncul adalah apa yang harus dilakukan setelah membuat blog baru, membuat posting dan membuat desain tampilan blog. Nah, pertanyaan tersebut mungkin tampak sepele namun sebenarnya cukup serius. Tidak hanya beberapa orang yang masih awam terhadap dunia blog, blogger yang sudah cukup lama bergerilya di dunia blogging pun terkadang menanyakan hal yang sama.

Memang, langkah yang harus dilakukan setelah memiliki blog yang sudah siap adalah dengan melakukan optimasi blog guna menaikkan traffic. Beda dari blogger pemula dengan blogger yang sudah lama adalah blogger lama sudah siap dengan teknik yang hendak mereka gunakan untuk melakukan optimasi.

Salah satu teknik yang digunakan adalah SEO atau Search Engine Optimization di mana teknik ini digunakan untuk memaksimalkan hasil pencarian pada Google terkait posting blog yang Anda miliki.

Teknik SEO untuk Blog Baru

Tentu, saat hendak menerapkan SEO pada blog baru, maka ada beberapa hal yang harus diketahui. Hal tersebut berkaitan dengan teknik SEO yang harus digunakan. Ada beberapa hal penting berkaitan dengan langkah apa yang harus dilakukan saat optimasi dan juga teknik apa yang harus diterapkan dalam penggunaan SEO. Adapun beberapa hal tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Daftarkan Blog ke Webmaster Tool

Jika Anda sudah memiliki blog yang sudah jadi, maka langkah pertama adalah mendaftarkannya ke Google Webster Tool. Ini adalah cara di mana akan membuat blog yang Anda miliki terindex oleh Google. Anda bisa mencari tahu lebih lanjut terkait cara untuk mendaftarkan blog ke Webmaster Tool tersebut.

Selain itu, daftarkan pula blog tersebut ke Bing Webmaster. Cara ini cukup penting karena Bing akan cukup berpengaruh pada percepatan blog.

  1. Submit Sitemap Blog

Setelah blog didaftarkan pada Google Webmaster Tool, langkah selanjutnya adalah mendaftarkan sitemap blog. Langkah ini juga sangat penting dengan tujuan agar semua link atau tautan yang ada di dalam blog yang Anda kelola akan ikut terindex dalam Google.

  1. Submit Konten Blog

Kedua langkah sebelumnya adalah untuk mendaftarkan blog agar terindex oleh Google. Namun, dua langkah di atas belum memiliki cukup kekuatan untuk mempercepat semua konten akan terindex oleh Google. Lalu, bagaimana solusinya?

Nah, dalam hal ini, salah satu teknik yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan submit konten blog ke Google Webmaster Tool. Ini adalah langkah lanjutan dari dua langkah awal yang sudah Anda lakukan. Anda bisa mencari tahu bagaimana langkah ini dilakukan untuk detail yang lebih terperinci.

  1. Buat Konten Minimal Satu Setiap Hari

Perlu diketahui bahwa blog akan lebih mudah terlihat jika blog yang Anda kelola memiliki cukup banyak posting atau konten. Dalam hal ini, akan lebih baik jika Anda menambahkan konten blog secara teratur, minimal satu setiap hari. Apakah ada batas maksimal untuk melakukan posting konten blog setiap hari?

Secara teori, tidak ada. Hal ini dikarenakan semakin banyak konten, maka akan semakin baik. Namun, seiring blog yang Anda miliki masih tergolong baru, maka sebaiknya Anda membatasi menambahkan konten maksimal 5 buah sehari.

Hal ini cukup penting untuk mengantisipasi kecurigaan dari Google. Google bisa saja menganggap blog Anda melakukan duplikat konten sehingga efeknya blog akan terkena suspend.

  1. Buat Artikel Original

Ini adalah salah satu hal yang penting untuk memaksimalkan optimasi SEO pada blog baru Anda. Beberapa blogger pemula sering menganggap remeh konten blog mereka. Mereka tidak segan untuk melakukan copy paste pada artikel lainnya. Padahal, copy paste merupakan hal yang tidak baik dan bisa menyebabkan blog terkena suspend dari Google.

Nah, oleh karena itu, Anda sebaiknya membuat artikel yang original. Artikel original tersebut akan membuat kode unik dalam pencarian. Selain itu, algoritma Google cenderung lebih menyukai artikel yang ditulis manual dan original. Oleh karena itu, berusahalah untuk membuat artikel yang original.

Berkaitan dengan SEO, penulisan artikel juga harus disesuaikan tekniknya. Dalam hal ini, artikel harus dibuat secara SEO friendly. Untuk memaksimalkan traffic pengunjung blog dan optimasi hasil di mesin pencarian, maka Anda sebaiknya melakukan riset keyword untuk menemukan keyword populer yang masuk ke mesin pencarian.

  1. Buat Blog Nyaman Dikunjungi

Hal pendukung lainnya untuk optimasi SEO pada blog baru adalah dengan membuat blog nyaman untuk dikunjungi. Tidak hanya konten yang berkualitas dan bermanfaat, Anda juga harus berpikir mengenai tampilan blog secara utuh. Usahakan blog yang Anda kelola memiliki tampilan yang menarik, simple dan bisa membuat pengunjung betah untuk berlama-lama berada di blog Anda.

Nah, beberapa poin di atas merupakan beberapa ide dan teknik yang bisa dilakukan untuk optimasi SEO pada blog baru. Tentu, masih ada teknik lain yang bisa Anda terapkan. Dengan beberapa teknik tersebut, dapatkan hasil maksimal dengan traffic blog yang tinggi!