Tips dan Trik Ampuh SEO untuk Optimasi Gambar

Dalam dunia SEO, optimasi gambar merupakan salah satu dari sekian trik SEO yang sebaiknya dilakukan untuk mendatangkan traffic yang lebih tinggi. Namun, meskipun optimasi gambar merupakan bagian penting dari trik SEO, beberapa blogger seringkali melupakan langkah ini. Mereka lebih fokus pada desain template blog dan membuatnya menjadi sebagus mungkin dengan tidak menghiraukan gambar di dalam konten.

Seiring dengan pentingnya gambar dalam optimasi SEO pada konten blog, ada baiknya Anda mencoba untuk melakukan optimasi gambar sehingga bisa mengundang visitor ke blog Anda. Ada cukup banyak cara untuk melakukan optimasi gambar agar bisa lebih SEO friendly. Penasaran? Simak beberapa penjelasan di bawah ini.

Trik SEO Friendly untuk Optimasi Gambar

Dengan pentingnya peran gambar dalam meningkatkan traffic, optimasi gambar perlu dilakukan dengan baik dan benar. Lantas, bagaimana cara optimasi gambar agar lebih SEO friendly? Nah, beberapa cara optimasi gambar dalam konten blog yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Memilih Gambar yang Ringan

Langkah pertama di mana sebaiknya dilakukan adalah memilih gambar yang ringan. Gambar yang ringan adalah gambar dengan size yang tidak terlalu besar. Nah, gambar ini akan lebih ramah serta lebih SEO serta memudahkan mesin pencari untuk melakukan pencarian. Sebaliknya, gambar dengan ukuran relatif besar akan memerlukan waktu yang lebih lama untuk pencarian sehingga page load juga akan lebih lama.

Lalu, berapa ukuran gambar yang disarankan? Pada umumnya, ukuran gambar yang baik untuk sebuah konten blog adalah sekitar 40 kb saja. Nah, jika Anda menemukan gambar yang sesuai dengan topik dari konten yang Anda bahas namun memiliki ukuran yang relatif besar, maka sebaiknya Anda melakukan kompres terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan image compressor tool untuk mengurangi ukuran dari gambar tersebut.

  1. Pilih Gambar yang Menarik dan Unik

Pemilihan gambar menjadi hal yang paling krusial saat hendak melakukan optimasi gambar agar konten menjadi lebih SEO friendly. Nah, detail gambar yang Anda pilih akan sangat berpengaruh pada ketertarikan pembaca untuk mengunjungi blog Anda.

Dalam hal ini, maka pilihlah gambar yang menarik serta unik sesuai dengan konten yang Anda buat. Namun, selain menarik dan unik, hindari memilih gambar yang menggunakancopy rightjika Anda tidak ingin terkena masalah terkait hak cipta.

  1. Pasang Atribut ALT pada Gambar

Trik optimasi gambar lainnya yang harus dilakukan adalah dengan memasang atribut ALT pada gambar. Ini adalah salah satu langkah yang tepat dan sebaiknya dilakukan. Pemasangan ALT pada gambar akan memudahkan konten terindex oleh Google dan mesin pencari lainnya.

Selain ALT, pasangkan pula title pada gambar. Ini adalah trik yang akan membuat mesin pencari lebih mudah untuk membaca gambar apa yang ada dalam konten blog Anda.

  1. Ganti Nama Gambar

Trik yang sebenarnya cukup mudah tetapi penting adalah mengganti nama gambar. Beberapa blogger seringkali memasukkan gambar tanpa mengganti nama gambar terlebih dahulu. Ini adalah kesalahan elementer yang ternyata cukup fatal.

Jika nama gambar tidak diganti, maka efeknya adalah mesin pencari akan lebih susah untuk memahami gambar yang Anda gunakan. Nah, oleh karena itu, ganti nama gambar Anda sesuai dengan judul konten yang Anda buat.

  1. Letakkan Gambar di Awal Postingan

Peletakan gambar juga penting untuk diperhatikan jika ingin melakukan optimasi gambar pada konten agar lebih SEO friendly. Ya, dengan meletakkan gambar pada posisi yang tepat, maka pengunjung bisa lebih tertarik dengan konten yang sudah Anda sajikan tersebut.

Selain itu, peletakan gambar yang tepat juga akan memudahkan spider bot bisa melakukan index gambar lebih awal sebelum melakukan index pada konten. Lalu, di posisi mana peletakan gambar yang disarankan?

Dalam hal ini, peletakan gambar lebih disarankan ada di awal postingan. Ketika Anda meletakkan gambar pada awal konten, maka hal tersebut akan mempengaruhi fokus dari pembaca. Berbekal gambar yang menarik, maka pembaca akan menjadi penasaran dan tentu akan membaca konten Anda secara utuh.

  1. Jangan Terlalu Banyak Gambar

Selain beberapa trik di atas, salah satu hal yang cukup penting dan sebaiknya diperhatikan adalah jumlah gambar dalam satu konten. Dalam hal ini, Anda sebaiknya tidak memasukkan terlalu banyak gambar di dalam satu konten. Gambar yang terlalu banyak akan membuat konten menjadi tertutupi dan informasi dari konten tidak bisa terbaca dengan jelas dan lengkap.

Oleh karena itu, batasi jumlah gambar pada satu konten dengan jumlah berkisar 1 hingga 3 buah saja. Kecuali, Anda memang sedang membuat konten dengan image based, di mana pembahasan konten mengikuti fakta pada gambar.

Nah, beberapa poin di atas merupakan beberapa tips dan trik yang bisa Anda lakukan untuk membuat konten yang lebih SEO friendly dengan teknik optimasi gambar. Lakukan beberapa tips di atas dan dapatkan traffic blog yang lebih tinggi. Selamat mencoba.