Tips Optimasi SEO di Mobile yang Harus Anda Tahu

Seiring perkembangan teknologi, ada perubahan yang cukup mendasar dalam dunia blog. Baru-baru ini, Google memberikan peraturan baru yakni agar website menjadi lebih mobile friendly. Peraturan ini akan membuat website lebih efektif pada Mobile Search Engine atau pencarian kata kunci di Google menggunakan device smartphone atau mobile phone. Jika sebuah website ternyata tidak mobile friendly, maka akan cukup berdampak buruk pada keterlihatan blog di Mobile Search Engine.

Mengenal Apa itu Mobile SEO

Pada dasarnya, Mobile SEO adalah suatu proses untuk merancang sebuah website agar memiliki tampilan yang sama, meskipun diakses dengan ukuran layar device yang berbeda dan memiliki bandwidth yang relatif lebih kecil. Ada beberapa ciri dari Mobile SEO yang perlu diketahui. Beberapa ciri dari Mobile SEO tersebut adalah sebagai berikut:

  • Website dengan Mobile SEO memiliki desain yang responsif, di mana mampu berjalan dengan lancar di beberapa ukuran layar yang berbeda
  • Konten dan isi website bisa dibaca tanpa harus melakukan proses zooming. Selain itu, website memiliki jenis font dan warna font yang sesuai dengan apa yang ada pada desktop
  • Biasanya memiliki tombol navigasi. Tombol navigasi ini akan memudahkan jari pengunjung untuk dapat mengakses beragam konten
  • Website dengan Mobile SEO biasanya lebih ringan dan memiliki bandwidth yang relatif ringan

Membuat Website Yang Mobile SEO

Pertanyaan yang selanjutnya sering muncul adalah bagaimana langkah untuk membuat website yang Mobile SEO? Tentu, hal ini cukup penting untuk diketahui agar Anda bisa lebih maksimal dalam memproses website tersebut. Adapun beberapa langkah yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Menentukan Konfigurasi Mobile SEO

Langkah paling pertama yang bisa dilakukan untuk membuat website yang Mobile SEO adalah dengan menentukan konfigurasi Mobile SEO tersebut. Perlu diketahui bahwa ada 3 konfigurasi utama dalam usaha membangun website Mobile SEO tersebut. Beberapa konfigurasi tersebut adalah sebagai berikut:

  • Design Responsive

Google sangat menganjurkan untuk menggunakan sebuah konfigurasi desain yang responsive. Ini adalah salah satu hal yang penting untuk dipahami dengan baik. Perlu diketahui bahwa desain yang responsive selain cukup mudah diimplementasikan, juga bisa menyesuaikan tampilan berdasar ukuran layar dari perangkat mobile

  • Dynamic Serving

Dynamic Serving merupakan jenis konfigurasi mobil. Konfigurasi ini akan membuat URL website tidak berubah, namun akan menyajikan konten HTML yang berbeda jika diakses dari perangkat smartphone atau mobile.

Meskipun poin ini cukup penting guna mendukung website, namun kelemahan terbesar dari Dynamic Serving adalah adanya proses tambahan pada konten sebelum diakses di mana bisa menyebabkan server lebih lambat.

  • Separate URLs

Pemisahan URL menjadi solusi lain untuk membuat website yang Mobile SEO. Namun, langkah ini tidak disarankan jika Anda memiliki website yang besar. Hal ini dikarenakan pemisahan URL akan memerlukan ruang dan usaha yang ganda. Selain itu, jika Anda ingin mendapatkan manfaat lebih banyak dari SEO, maka sebaiknya langkah ini dihindari.

  1. Menghindari Kesalahan Umum

Langkah lain yang harus dilakukan untuk membuat website lebih Mobile SEO adalah menghindari beberapa kesalahan umum yang sering terjadi. Ada beberapa kesalahan umum yang cukup mengganggu dimana sebaiknya dihindari secara total. Adapun beberapa kesalahan umum tersebut adalah sebagai berikut:

  • Halaman Mobile yang Berat

Perlu diketahui bahwa internet mobile terkadang memiliki kecepatan yang lebih lambat daripada internet kabel. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk memperhatikan load time, di mana Anda gunakan di halaman website mobile.

Load time yang terlalu lama akan berpengaruh pada kepuasan pengunjung website Anda. Oleh karena itu, usahakan selalu mengecek kecepatan page speedAnda.

  • Mobile Redirects

Dalam poin ini, jika Anda mengontrol beberapa URL sekaligus, maka sebaiknya pastikan jika semua tautan yang Anda miliki akan mengarah pada halaman yang relevan. Hal ini penting karena selain akan memaksimalkan page speed, juga akan meningkatkan kepuasan pengunjung saat mengunjungi website yang Anda kelola.

  • Hindari File Gambar yang Besar

Gambar memang akan membuat konten pada website terlihat lebih menarik. Namun, dalam hal ini, kaitannya dengan Mobile SEO, sebaiknya Anda menghindari penggunaan file gambar dengan ukuran yang besar.

Ya, hal ini cukup penting karena file gambar yang besar akan membuat page speed dan load time menjadi lebih lama. Oleh karena itu, ada baiknya Anda melakukan kompres pada gambar untuk menurunkan size atau ukuran gambar

Beberapa langkah di atas merupakan langkah awal untuk membuat website yang lebih Mobile SEO. Tentu, masih ada beberapa teknik yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan kebutuhan Anda. Lakukan beberapa langkah di atas dengan baik agar website yang Anda kelola tidak hanya lebih Mobile SEO, namun juga bisa mendatangkan pengunjung lebih banyak untuk traffic blog yang lebih tinggi. Semoga bermanfaat.