Trik SEO Agar Konten Masuk Page One Google

Bagi seorang blogger, SEO merupakan hal yang penting dan harus diperhatikan. SEO merupakan kependekan dari Search Engine Optimization atau optimasi pada mesin pencari. Teknik ini digunakan untuk meningkatkan keterlihatan blog dalam mesin pencari, seperti Google, Yandex dan Bing. Dalam hal ini, Google menjadi salah satu mesin pencari dengan peminat terbanyak.

Nah, para blogger sering bersaing dan berlomba agar konten yang mereka miliki bisa berada di halaman pertama mesin pencarian atau page one. Tentu, persaingan antar para blogger ini berlangsung dengan ketat. Oleh karena itu, untuk bisa membawa konten Anda ke page one Google, maka Anda harus mengetahui trik SEO guna diterapkan.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas beberapa trik SEO yang tepat untuk membuat konten yang Anda buat berada di halaman pertama Google. Simak beberapa penjelasan terkait hal tersebut.

Trik SEO untuk Konten Page One

Memang, trik SEO pada dasarnya selalu berubah dan selalu mengikuti algoritma Google. Namun, ada beberapa trik yang bisa Anda Andalkan untuk membuat konten Anda berada di halaman pertama. Nah, beberapa trik yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Riset Keyword

Langkah pertama ketika Anda ingin konten Anda berada di halaman pertama Google adalah melakukan riset keyword. Riset keyword adalah hal yang penting untuk memberikan gambaran mengenai apa yang akan Anda tulis. Dalam hal ini, carilah keyword dengan pesaing yang relatif sedikit namun dengan pencarian yang banyak.

Selain itu, ada baiknya Anda juga melihat hasil penelusuran pada saat melakukan riset keyword. Dalam hal ini, usahakan mencari keyword dengan hasil penelusuran yang kurang dari 300,000. Hal ini cukup beralasan karena jika angka pada hasil penelusuran lebih tinggi, maka kompetitor akan semakin banyak dan akan semakin sulit untuk menembus halaman pertama.

Masih terkait riset keyword, hal lain yang perlu diperhatikan adalah dengan memperhatikan kompetitor Anda. Dalam hal ini, jika hasil penelusuran menampilkan hasil keyword yang dipenuhi web besar dan sudah berumur lama, maka ada baiknya Anda menggunakan keyword lain. Namun, jika Anda masih ingin menggunakan keyword tersebut, maka Anda lebih baik menggunakan long tail keyword.

  1. Perhatikan Judul

Setelah melakukan riset keyword, maka sebaiknya Anda memperhatikan judul yang Anda buat dalam pembuatan konten. Dalam hal ini, perlu diketahui bahwa judul merupakan hal yang sangat penting dalam SEO. Untuk pembuatan judul, ada beberapa teknik yang sebaiknya Anda perhatikan.

Trik pertama dalam pembuatan judul adalah dengan memasukkan keyword di dalam judul. Ini adalah salah satu langkah mudah dimana akan membuat konten lebih mudah terindex dalam Google dan muncul di mesin pencarian. Semakin banyak keyword yang masuk dalam judul, maka hasilnya tentu akan semakin baik.

Selain itu, Anda juga perlu untuk membuat judul yang mengundang klik atau sering disebut dengan klik bait. Ini adalah salah satu trik yang cukup banyak dilakukan. Dengan membuat judul yang klik bait, maka Anda berpotensi untuk mengundang pengunjung untuk mengklik konten yang Anda buat.

Namun, jangan terlalu berlebihan dalam usaha membuat judul yang menarik. Beberapa judul yang terkesan lebay justru akan dihindari oleh para pembaca.

  1. Buat Deskripsi

Deskripsi memiliki peran yang cukup penting dalam SEO namun terkadang dilupakan. Dalam hal ini, untuk mengundang pengunjung masuk ke blog Anda, maka Anda wajib untuk membuat deskripsi yang menarik. Pada konten, peran deskripsi adalah memberikan gambaran singkat dan jelas mengenai isi dari keseluruhan konten.

Nah, buatlah deskripsi yang tajam, singkat dan mampu membuat pembaca penasaran sehingga akan membaca konten Anda dengan penuh. Dalam pembuatan deskripsi, penting juga bagi Anda untuk memasukkan keyword.

  1. Keyword pada Artikel

Teknik SEO yang cukup penting untuk bisa membuat konten berada dalam page one Google adalah memasukkan keyword pada artikel. Ini adalah salah satu trik yang paling penting dan sebaiknya Anda lakukan pada saat pembuatan konten.

Nah, dalam hal ini, Anda bisa memasukkan keyword secara bebas dalam konten, namun sebaiknya persentase keyword tidak lebih dari 3% dari total keseluruhan artikel. Biasanya, keyword hanya dimasukkan sekitar 1% saja guna memberikan informasi yang lebih lengkap dan tidak terkesan dipaksakan.

Selain keyword, Anda juga bisa memasukkan LSI. LSI adalah kata kunci pendukung yang biasanya berhubungan dengan keyword utama. Contoh LSI yang paling mudah adalah ketika Anda membuka Google dan mencari sesuatu, maka di bagian bawah layar Anda akan mendapatkan informasi pencarian terkait.

Nah, hal itulah yang disebut dengan LSI. Penggunaan LSI bisa memaksimalkan keterlihatan konten di mesin pencari.

Beberapa trik di atas bisa digunakan untuk membuat konten yang tampil di halaman pertama Google. Meskipun trik SEO selalu berkembang, beberapa trik di atas bisa dicoba.