Trik SEO Ampuh Untuk Publikasi Konten Blog

Tidak dapat dipungkiri, dunia SEO bisa dibilang penuh dengan trik. Jika seorang blogger kurang mengerti mengenai trik dalam SEO, bisa dipastikan mereka akan ketinggalan dengan blogger lain dalam berburu traffic. Memang, ada cukup banyak tutorial dan trik SEO yang beredar di internet dan memberikan pandangan berbeda bagi masing-masing blogger. Namun, bagaimana dengan Anda, apakah Anda sudah menggunakan trik tersebut dan mendapatkan hasilnya?

Tujuan utama dari trik SEO adalah meningkatkan peringkat blog yang Anda kelola pada SERP. Meskipun trik SEO senantiasa berkembang mengikuti algoritma dari Google, namun berikut akan dibahas beberapa trik SEO yang cukup ampuh untuk diaplikasikan pada saat publikasi konten blog.

Trik SEO On Page

Trik SEO yang akan dibahas pada kesempatan ini adalah trik SEO on page. Trik ini akan bekerja dengan cara mengoptimalkan unsur-unsur yang ada di dalam blog Anda. Nah, berikut beberapa trik SEO on page yang bisa Anda terapkan pada saat sebelum menerbitkan konten blog guna meningkatkan traffic dan peringkat. Adapun beberapa trik tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Permalink URL SEO

Trik pertama yang bisa digunakan adalah dengan melakukan permalink URL SEO. Trik ini bertujuan untuk menyingkat URL halaman konten blog. Kenapa hal ini penting? Nah, pada saat melakukan publikasi konten, jumlah karakter yang diperbolehkan untuk digunakan cukup terbatas.

Oleh karena itu, Anda perlu menggunakan permalink URL yang SEO. Pelajari lebih jauh mengenai trik ini untuk dapat menggunakannya.

  1. Keyword dengan Format Heading

Keyword dengan menggunakan format heading juga menjadi trik yang cukup ampuh dalam publikasi konten yang lebih SEO. Dalam hal ini, Anda sebaiknya memecah isi materi di dalam konten blog menjadi beberapa kerangka isi. Setelah itu, jelaskan kerangka isi tersebut dengan format heading.

Misalnya, ketika Anda membuat konten mengenai buah semangka, maka Anda bisa membuat beberapa kerangka, seperti kandungan buah semangka, manfaat buah semangka dan juga cara penyajian buah semangka. Format heading seperti ini akan memberikan kelebihan berupa informasi yang lebih ringkas namun lengkap dan disukai oleh para pembaca.

  1. Memasukkan Deskripsi Konten

Beberapa penulis konten seringkali melupakan deskripsi pada konten mereka. Padahal, peran deskripsi ini cukup penting. Deskripsi yang ditulis akan muncul pada SERP. Nah, di SERP, deskripsi konten akan menjadi penjelasan yang singkat pada para pembaca mengenai detail konten yang Anda publikasikan.

Buatlah deskripsi yang singkat, padat dan menarik sehingga mampu membuat pembaca terkesan dan ingin membaca konten Anda secara utuh.

  1. Tandai Keyword

Peran keyword dalam konten blog merupakan hal yang sangat penting jika Anda ingin membuat konten yang SEO. Namun, selain menggunakan keyword, untuk konten yang lebih SEO sebaiknya Anda juga menandai keyword yang digunakan. Penandaan pada keyword bisa dilakukan dengan mencetak tebal, membuat miring dan juga menambahkan garis bawah pada keyword tersebut.

Tanda atau penekanan yang dilakukan tersebut akan membuat pembaca serta robot mesin pencari akan membuatnya menjadi penting. Namun, dalam hal ini, usahakan Anda menggunakan keyword yang tampak natural sehingga tidak dianggap sebagai spam.

  1. Tambahkan Internal Link

Internal link juga menjadi salah satu hal yang cukup penting di mana bisa diandalkan untuk membuat konten yang lebih SEO. Dalam hal ini, akan lebih baik jika Anda mengusahakan untuk menautkan sebuah link yang mengarah pada halaman lain di dalam blog Anda. Link ini cukup penting karena akan menambah distribusi Page Rank dari halaman depan ke halaman lainnya.

  1. Optimasi Gambar

Trik lain yang bisa dilakukan untuk membuat konten yang SEO sebelum publikasi adalah optimasi gambar. Ini juga merupakan trik umum yang sebaiknya dilakukan oleh para blogger. Gambar memiliki peran yang cukup penting dalam membangun konten blog. Dengan menggunakan gambar, maka konten akan terlihat lebih menarik untuk disimak. Lalu, bagaimana cara untuk optimasi gambar di dalam konten?

Nah, dalam hal ini, Anda sebaiknya memilih gambar yang ringan. Gambar yang ringan akan mendukung SEO dan tidak akan mengurangi speed load dari blog. Selain itu, usahakan gambar yang Anda masukkan adalah gambar yang unik dan non copyrightsehingga aman dari masalah hak milik.

Langkah lain dalam optimasi gambar di mana bisa dilakukan adalah pasang atribut ALT pada gambar tersebut. Atribut ini cukup penting karena akan membuat isi konten blog menjadi lebih mudah untuk terindex Google.

Nah, beberapa trik di atas dapat Anda jajal untuk membuat konten blog yang SEO. Perlu diingat bahwa SEO merupakan hal yang penting dalam dunia blogging. Dengan menerapkan SEO, maka peringkat blog Anda akan cenderung naik dan tentu saja Anda akan berpeluang untuk mendapatkan traffic yang lebih besar. Nah, pelajari baik-baik beberapa trik di atas dan terapkan pada blog Anda. Selamat mencoba!